Baca ini Sebelum Anda Berangkat Pertemuan Wali Santri/Murid Di Pesantren anak anda

 



Anda Wali Santri.? Berkenan Menghadiri Pertemuan Wali Santri pasca PTS atau Pasca PAT? Baca ini...

Pertemuan antara Wali Santri dan guru di sekolah/pesantren adalah faktor yang penting untuk mengetahui seberapa besar tingkat perkembangan anaknya di sekolah/pesantren yang membimbing anaknya.

Tulisan ini akan lebih membahas pertemuan Wali Santri dengan guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Di sekolah akan selalu terjadi interaksi dan berbagai pertanyaan-pertanyaan yang muncul antara guru ke siswa atau sebaliknya. Selain interaksi antara guru dan murid, interaksi antara Wali Santri dan guru juga harus diagendakan oleh pihak sekolah.

Mengajukan pertanyaan adalah cara yang baik untuk mengajar dan belajar. Jadi jika pihak sekolah telah mengagendakan pertemuan guru dan Wali Santri, ada baiknya Wali Santri meluangkan waktunya sebaik mungkin untuk dapat menghadiri undangan tersebut. Karena selain pertemuan itu penting, pertemuan itu juga dianggap anak sebagai bentuk perhatian kecil untuk mereka karena Wali Santrinya mau menyempatkan waktunya berkunjung ke sekolah dimana mereka belajar dan bertemu guru serta teman-temannya setiap harinya.

Saat pertemuan berlangsung pertanyaan yang sering diajukan Wali Santri pertama kali pada guru adalah bagaimana tingkat prestasi anak selama pembelajaran berlangsung, tak dapat dipungkiri hal ini memang selalu terbesit di fikiran Wali Santri murid. Mereka selalu mengharapkan bahwa anaknya bisa mendapatkan prestasi yang baik ketika di sekolah.

Namun, masih banyak pertanyaan-pertanyaan penting yang juga wajib ditanyakan Wali Santri untuk mengetahui perkembangan anaknya selama proses pembelajaran di sekolah.

Dibawah ini adalah 7 pertanyaan yang dapat membantu para Wali Santri/murid saat pertemuan berlangsung:

  • Apa saja pengetahuan yang didapatkan anak selama anak mengikuti pembelajaran di sekolah?

Selain menanyakan tentang prestasi anak disekolah, ada baiknya Wali Santri juga harus menanyakan seberapa besar kemampuan anak menyerap informasi yang diberikan oleh guru ketika pembelajaran berlangsung.

  • Apa yang dapat dilakukan Wali Santri dirumah untuk membantu anak?

Setelah Wali Santri mengetahui perkembangan anaknya, jika guru mengatakan ada sedikit masalah pada diri anak, tanyakan apa yang harus dilakukan Wali Santri ketika dirumah untuk membantu anak agar lebih baik lagi dari sebelumnya. Karena tidak hanya peran guru saja yang dibutuhkan dalam hal ini, melainkan peran Wali Santri disini juga sangat dibutuhkan agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya.

  • Bagaimana perilaku dan sikap anak di sekolah? Apakah anak bersikap hormat kepada semua guru?

Pada umunya Wali Santri akan menanyakan bagaimana sikap anak selama berada dikelas maupun lingkungan sekolah, hal ini bertujuan agar Wali Santri dapat mengetahui seperti apakah tingkah laku anak saat disekolah, tanyakan pada guru kelas apakah anak selalu bersikap baik dengan teman-temanya atau bahkan anak selalu bertengkar dengan temannya. 

Kemudian tanyakan bagaimana sikap anak terhadap guru-guru disekolah? apakah anak  mau patuh terhadap guru atau bahkan membantah perintah guru. Jika Wali Santri/murid tidak pernah dipanggil untuk datang ke sekolah sebelumnya, biasanya perilaku anak masih relatif baik, kalaupun ada pertentangan mungkin masih dalam batas wajar dan masih bisa diatasi oleh guru itu sendiri.

 

  • Bagaimana anak bersosialisasi? Apakah mereka dapat berinteraksi dengan baik dengan teman-teman sebayanya atau dengan guru-guru yang lain?

Tanyakan pada guru yang mengajar, bagaimana hubungan anak dengan guru, hubungan anak dengan teman, dan lingkungan sekitar. Apakah anak masih bersikap malu, pendiam, dan penakut atau anak sudah cukup baik dalam hal sosalisai. Hal ini bertujuan agar Wali Santri mengetahui seberapa besar proses sosialisasi anak selama disekolah.

  •  Apakah anak selalu bisa mengikuti peraturan di kelas maupun di sekolah?

Pertanyaan ini bertujuan agar Wali Santri mengetahui bagaimana sikap anak terhadap peraturan yang telah dibuat oleh guru maupun sekolah. Apakah anak selalu mematuhi peraturan baik dikelas maupun di lingkungan sekolah atau sebaliknya, anak selalu melanggar dan sering mendapatkan teguran bahkan sanksi dari guru atau pihak sekolah.

 

  •  Apakah anak selalu mengumpulkan pekerjaan rumah tepat waktu?

Pekerjaan rumah yang diberikan guru mungkin sudah diselesaikan anak ketika berada di asrama/pesantren, tetapi karena peserta didik bermukin di pesantren maka Wali Santri tidak selalu bia mengawasi dan mendampingi anak saat anak mengerjakan tugas. Sehingga Wali Santri selalu tidak dapat memastikan bahwa ketika anak di asrama, anak selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan tuntas atau tidak.

Karenanya, tidak menutup kemungkinan ketika anak diberi perintah untuk segera mengumpulkan tugas anak tidak pernah mengumpulkan atau selalu telat dalam mengumpulkannya. Jadi pertanyaan ini berguna sebagai informasi untuk Wali Santri murid mengenai  ketepan waktu anak dalam mengumpulkan tugas. Karena hal ini berpengaruh pada sikap kedisiplinan anak. 

 

  • Apakah tindakan yang harus dilakukan pada semester selanjutnya setelah dilakukannya evaluasi?

Setelah semua pertanyaan yang diajukan diatas telah selesai, kemudian pertanyaan terakhir yang harus ditanyakan Wali Santri adalah tindakan apa yang harus dilakukan Wali Santri pada semester yang akan datang agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik lagi karena telah diadakannya evaluasi pada proses pembelajaran pada semester ini.

Selamat Membaca Dan Mencoba....!!! 

Posting Komentar

0 Komentar